Pages

Thursday 3 August 2017

Job Safety Analysis



Job Safety Analysis (JSA)

Anda tentu sudah familiar dengan istilah diatas. Tentunya yang biasa bekerja di oil & gas ataupun pekerjaan risiko tinggi lainnya sudah mafhum. JSA adalah salah satu metode untuk menilai risiko suatu pekerjaan yang dituangkan ke dalam format table yang terdiri dari uraian pekerjaan, potensi bahaya yang muncul, tingkat risiko dan bagaimana mengendalikan risiko tersebut. Tulisan kali ini tidak membahas teori JSA tetapi secara praktis bagaimana sebuah JSA dapat efektif mencegah/ meminimalisir kecelakaan di lapangan:
1.   JSA dibuat oleh orang yang kompeten atau orang yang akan paham tentang urutan pekerjaan tersebut.
Orang tersebut adalah Supervisor pelaksana pekerjaan. Seorang supervisor harus paham dan benar benar mengerti bagaimana pekerjaan tersebut akan dilaksanakan dan potensi risiko.

2.    Faktor cuaca terkadang dilupakan.
Masukkan faktor ini terutama jika pekerjaan tersebut di ketinggian atau kegiatan di offshore yang sangat bergantung pada prakiraan cuaca (weather forecast).

3.   Sosialisasikan JSA yang telah dibuat dengan para crew/ pekerja anda.
Jangan beranggapan bahwa mereka telah paham karena sudah bertahun tahun melakukan ini semua. Banyak kecelakaan terjadi karena mengganggap enteng JSA atau tanpa diawali dengan tool box meeting dengan berdalih biasanya aman-aman saja.

4.   Tool box meeting dengan seluruh crew/pekerja, pengawas pekerjaan, dan asset holder/ pemilik lokasi.
Mintakan pendapat dari crew/ pekerja tentang kondisi kesehatan mereka hari itu. Mungkin saja mereka malu karena sakit dan dianggap menganggap menghambat progress pekerjaan. Seorang mandor harus bijaksana dan melihat ini sebagai potensi bahaya jika pekerja tersebut dipaksa terus bekerja.

5.    Lakukan site survey sebelum memulai tool box meeting.
Keadaaan akan sangat berubah cepat sekali dan kita tidak tahu mungkin posisi peralatan berpindah, ada grating yang telah dibuka dan lupa ditutup, ada isolasi energi yang belum tuntas dikerjakan  dsb. Lakukan hal ini sebagai sebuah kebiasaan.
Semoga tulisan diatas bermanfaat.

Be safe.

No comments:

Post a Comment