Pages

Tuesday 5 August 2014

Waktu yang tepat untuk sertifikasi CSWIP 3.1

Kapankah saatnya saya harus mengambil sertifikasi CSWIP 3.1? Pertanyaan ini selalu muncul khususnya bagi teman teman QC yang ingin upgrading. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menentukan timing yang tepat asalkan kita mau mencari informasi sebanyak banyaknya. 

Ini beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya :

Penguasaan bahasa Inggris 

Seberapa mudahnya anda membaca text bahasa Inggris tanpa mengkerutkan kening? Atau seberapa sulitnya anda membaca code/ standard tanpa sering membuka kamus terjemah? Seringkah anda blank ditengah percakapan bahasa Inggris sederhana? Atau ketika boss expatriat anda memberikan perintah, dan anda selalu berkata ,”sorry", “pardon me”, “please repeat”, “I dont understand”. Jika anda mengalaminya, masih terbata bata atau kening anda berkerut kayak dompet tanggung bulan, lebih baik ditunda saja dahulu niat mulia ini. Percayalah, lebih baik anda mengambil kursus bahasa Inggris terlebih dahulu daripada nanti celingak-celingukan di dalam kelas. Cara cepat lainnya adalah dengan banyak berlatih bicara bahasa Inggris dengan teman/ boss anda ataupun dengan membaca buku text bahasa Inggris. Buku text ya, bukan buku bergambar.

Dana

Info menurut web site TWI, harga sertifikasi saat ini adalah USD 1900, jika kurs sekarang Rp 12.000 artinya anda harus menyiapkan dana sekitar Rp 22.800.000, hampir 23 jutaan. Jumlah yang sangat besar bukan? Tetapi harga ini adalah investasi bukan biaya. Kata kata investasi ini sering saya temukan di brosur training yang ditempelkan di mading masjid.Hehe..So, jika anda bekerja di proyek mulailah menabung sedikit demi sedikit, Qalilan fa qalilan, bit by bit, step by step (lagu NKOTB-New Kids On The Block). Yang mengalami puber tahun 90’an pasti hafal.Hehe..Kalau yang tabungannya sudah cukup atau sudah dapat uang surplusan, jangan lupa investasikanlah ke dalam bentuk “ilmu pengetahuan”.

Waktu

Butuh waktu sekitar 5 hari untuk mengikuti training ini. Jadi pastikan anda memiliki waktu 1 minggu yang leluasa. Kumpulkan/ sisihkan waktu cuti anda. Perlu sekali memberitahukan ke atasan anda rencana ini jauh jauh hari, 6 bulan sebelumnya misalnya. Karena jika mendadak kemungkinan ditolaknya sangat besar untuk ijin seminggu. Bisa runyam kan?

Semangat bekerja menurun

Saat pikiran buntu, semangat kerja menurun, anda perlu tantangan! Ini waktu yang tepat untuk menguji kemampuan dengan mengambil CSWIP 3.1. Sungguh seminggu yang menyenangkan.

Kualitas hidup terasa datar

Banyak motivasi teman teman yang mengambil sertifikasi ini untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Ini salah satu alasan saya juga. Tapi tidak semuanya yang bernasib baik; setelah selesai sertifikasi, lulus dan kemudian langsung bekerja di perusahaan asing. Ada yang harus menunggu setahun lamanya, bahkan lebih. Yang penting ikhtiar yang maksimal ya bro.

Pengalaman kerja > 2 tahun

Tentunya bidang pekerjaan yang diminta adalah seputar welding. Jika sekarang anda paham dengan berbagai proses pengelasan dan sedikit teori NDT ( Non Destructive Test ), bolehlah dicoba untuk mengikuti sertifikasi ini. Kenapa harus menunggu 2 tahun? Karena pengalaman saya, seorang inspector bisa benar benar memahami permasalahan welding ( terutama SMAW & GTAW ), root cause analysis, welding defect dan NDT minimal ya 2 tahun itu. Bisa saja baru memiliki pengalaman 1 tahun tapi teman teman saya banyak yang gagal tuh dan harus mengulang kembali.

Hal-hal diatas sangat disarankan untuk mencegah anda mengalami kegagalan alias failed. Jangan sampai anda sudah mengalami kegagalan dalam percintaan ditambah pula gagal dalam CSWIP 3.1. Sakitnya tuh disini bro (sambil nunjuk dada). Hehe..Ini disebabkan banyak yang terlalu menggebu-gebu sehingga yang ada di pikiran adalah lulus, punya sertifikat dan bergaji besar. 
Terkadang kita lupa pentingnya sebuah proses.

Semoga bermanfaat.










No comments:

Post a Comment